-->

Kamis, 22 April 2010

Blended Learning

Perkembangan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dewasa ini berlangsung demikian pesat, sehingga pantaslah para ahli menyebut gejala ini sebagai suatu revolusi. Sekalipun kemajuan tersebut masih dalam perjalanannya, sejak sekarang sudah dapat diperkirakan bakal terjadi berbagai perubahan di bidang informasi maupun bidang-bidang kehidupan lain yang berhubungan, sebagai implikasi dari perkembangan keadaan tersebut. Perubahan-perubahan yang akan dan sedang terjadi, terutama disebabkan oleh potensi dan kemampuan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang memungkinkan manusia untuk saling berhubungan (relationship) dan memenuhi kebutuhan mereka akan informasi hampir tanpa batas. Beberapa keterbatasan yang dulu dialami manusia dalam berhubungan satu sama lainnya, seperti faktor jarak, waktu, jumlah, kapasitas, kecepatan, dan lain-lain, kini dapat diatasi dengan dikembangkannya berbagai Teknologi Informasi dan Komunikasi mutakhir. 
Mengingat kondisi sekarang yang demikian itu maka sebagai seorang tenaga Kependidikan haruslah panda i dan cerdas didalam mengemas suatu materi pelajaran agar pembelajaran dapat berlangsung dengan nyaman dan mempu diterima oleh peserta didik dengan baik dan tidak membosankan.
Di dalam konsep Blended Learning ini adalah merupakan perpaduan antar Pembelajaran Tradisional (di dalam kelas) dengan pembelajaran Modern (dilengkapi dengan Media), Oleh karena itu  dibutuh sebuah ketrampilan tambahan bagi seorang pendidik yaitu penguasaan di dalam menggunakan serta memanfaatkan perangkat teknologi sebagai salah satu sara/media pembelajaran.
Banyak orang yang beranggapan salah bahwa blended learning diarti sebagai pembelajaran berbasis Internet, tidaklah demiakian akan tetapi bleded learning disini adalah penggabungan dua konsep sebagaimana yang telah diuraiakan diatas. sebagai suatu contoh kecil saja penerapan blended learning adalah : penyampaian materi pelajaran Bahasa Inggris misalnya dengan menggunakan Tape/Komputer, Pembelajaran Fisika dengan menggunakan Tutorial/Simulasi dan lain sebagainya, dengan menggunakan media-media tertentu (yang sesuai dengan materi) diharapkan hasil dari pembelajaran bisa maksimal.
Dan akan lebih baik tentunnya jika dilengkapi dengan pemanfaatan internet sebagai penyambung komunikasi guru dan siswa.

0 komentar:

kopi luwak